[FF] Unspoken Grace

Unspoken Grace

HunHan / G / Drabble

{ Xi Luhan, keindahan yang bisu }

grace

Aku Luhan, Xi Luhan.

 

Banyak orang mengagumiku—laki-laki dan perempuan, tua atau muda—mereka semua iri dengan kesempurnaan yang kumiliki. Saat pertama kali melihatku, orang pasti akan menoleh lagi untuk melihat figurku yang kedua kalinya. Mereka akan terkesima, memandangi surai merah muda yang membingkai wajahku seperti mahkota, dan kulitku yang berkilau bak porselen. Lalu mereka akan mulai menggumamkan kalimat-kalimat pujian mereka;

 

‘Luhan benar-benar cantik.’

 

‘Bukankah itu Xi Luhan? Parasnya seperti malaikat.’

 

‘Kuharap aku bisa secantik Luhan!’

 

Aku hanya menimpalinya dengan segaris senyum. Rasanya aku ingin menuturkan terima kasih pada tiap-tiap dari mereka.

 

Aku selalu bersyukur bisa dikelilingi orang-orang yang mengagumiku. Apalagi diantara mereka ada Oh Sehun, orang yang diam-diam kusukai.

 

Aku tinggal satu atap dengan Sehun selama belasan tahun, dan selama itu pula aku memendam rasa sukaku padanya. Aku yakin tidak ada yang tahu perasaanku—baik Sehun atau orang lain—karena alasan itulah aku bisa mengamati Sehun setiap hari dengan sangat wajar, tanpa takut ketahuan apa-apa.

 

Aku tahu kebiasaan-kebiasaan kecil Sehun—jam berapa dia bangun, menu sarapan kesukaannya, baju yang paling sering dikenakannya, hingga aroma parfum yang melekat di tubuhnya. Aku tahu segala hal tentangnya. Sehun jarang mengaitkan handuknya dengan benar setelah mandi, membuatku panas dan sesak. Sehun juga tidur di sofa ruang tengah jika ada siaran sepak bola, dari sana aku bisa melihat wajah tidurnya yang polos seperti bayi.

 

Kadang, Sehun mendelik kearahku dan menatapku dalam-dalam. Tak ayal membuatku salah tingkah.

 

“Kau sempurna, Luhan,” bisiknya.

 

Waktu seolah berhenti, aku tidak bisa menimpali apapun. Aku tidak berkedip, dan mataku tetap memandang Sehun balik walaupun aku sudah berusaha untuk mengalihkannya.

 

Aku selalu menyalahkan diriku, kenapa aku tidak membalas perkataan Sehun? Aku juga ingin mengatakan, bahwa Sehun jauh lebih baik daripada aku. Sehun yang membuat semuanya jadi sempurna, aku benar-benar mencintainya.

 

Tapi aku tidak tahu bagaimana perasaan Sehun padaku.

 

Sehun tidak pernah membawa teman perempuannya ke rumah, aku juga tidak tahu bagaimana kehidupan sosialnya di sekolah. Dari pengamatanku selama ini, Sehun sepertinya anak yang pendiam. Dia lebih banyak berpikir daripada bertindak, dia juga cenderung bersikap dingin pada orang yang baru dikenalnya. Aku sempat khawatir kalau-kalau Sehun tidak punya teman dekat, tapi rupanya aku salah.

 

“Jongin, kemari!” sahut Sehun suatu hari, saat dia mengajak teman ke rumah untuk yang pertama kalinya.

 

Orang bernama Jongin itu melepas sepatunya cepat-cepat di pintu depan lalu bergegas menyusul Sehun, tapi kemudian langkahnya terhenti ketika dia menangkap sosokku.

 

Jongin menaikkan alisnya, terkesima. Aku sudah biasa dengan reaksi macam itu.

 

“Ada apa Jongin? Cepat kemari.” Sehun mendongakkan kepala dari balik pintu kamarnya, mendesak Jongin untuk segera datang dengan gestur jarinya.

 

“Sehun,” Jongin menelan ludah, “itu siapa?”

 

Kali ini giliran Sehun yang menghampiri Jongin, tersenyum. “Itu Luhan, cantik kan? Dia milikku.”

 

Aku terhenyak ketika mendengar ucapan Sehun. Bukan hanya mengenalkanku pada temannya, dia juga mengatakan bahwa aku adalah miliknya. Aku tidak tahu bagaimana cara mengeluarkan rasa bahagia yang meluap ini—mungkin ini akan jadi momen terindah dalam hidupku.

 

Ah, cinta membuat segalanya lebih indah.

 

Bahkan sang waktu rela berhenti untukku. Tahu-tahu saja ulang tahunku datang, sungguh tidak terasa.

 

Aku ragu ada yang ingat dengan hari lahirku. Aku kadang berpikir, aku ingin orang lain merayakannya—berpesta dan bersenang-senang. Tapi aku tidak perlu itu, Sehun mengingatnya saja sudah cukup.

 

Sehun datang kepadaku pada sore hari sepulang sekolah. Wajahnya yang tampan itu mengukir senyum, seraya menyentuh permukaan wajahku dengan ibu jarinya. “Sudah berapa lama sejak kau disini, ya? Belasan tahun? Ah—atau puluhan?” Sehun menggaruk tengkuknya.

 

Sudah puluhan tahun, sebenarnya. Tapi aku tidak akan memberi tahu Sehun, biar dia yang terka sendiri.

 

“Aku lupa usiamu, aku hanya ingat 19 April. Selamat ulang tahun!” Sehun menepuk tangannya sambil menyeringai. Dia membisikkan senandung lagu ulang tahun, lalu tiba-tiba saja dia berhenti, menghela napas. “Aku seperti orang bodoh ya?” Dia merengut, lalu berjalan kembali ke kamarnya.

 

Aku membulatkan mataku. Kenapa, Sehun? Kau tidak bodoh!

 

Aku yang bodoh, karena aku mencintai Oh Sehun, dan aku tidak bisa melakukan apa-apa untuknya. Aku tidak akan bisa memberitahu perasaanku padanya, berbicara padanya, bahkan menyentuhnya.

 

Karena aku hanya sebuah lukisan gantung.

 ♚

A.N: Birthday fic dedicated to our deer prince, Xi Luhan! Happy birthday! Semoga Lulu-gege tambah muda dan manly ;v; …..enggak ding, udah manly, cuma cantik yet vulnerable haha. Berhubung cuma bday drabble jadinya cuma segini, well enjoy! (Untuk yang nunggu northpole, it’s on progress, thank you <3)

um anyway, should i make kaisoo?

 

74 pemikiran pada “[FF] Unspoken Grace

  1. BINGO! bener ternyata special buat ultah Luhan oppa yeay!
    tapi sempet ketipu…
    ternyata Luhan lukisan… beneran ketipu ._.
    uda total balik dari hiatus Liv? oh Northpole akhirnya!! kalo Unfaithfullnya kapan? sumpah penasaran sama nasib Chanbaek..

    • iya, kemarin aku mau bikin buat sehun juga tapi gak sempet ternyata heu ;-; eh namanya siapa…? aku lupa nanya waktu itu haha

      kalau banyak yang ketipu berarti aku berhasil lol. yap, udah gak hiatus akhirnya~ unfaithful sebenernya udah ada, tinggal di post cuma aku nunggu waktu yang tepat aja ;-;

      thanks ya!

      • panggil aja Gee hehehe it’s okay.
        kamu teh abis UN ya? so how was that? di tempatmu ada penundaan atau sesuia jadwal?
        waktu yang tepatnya itu nunggu Baekhyun ulang tahun ya? atau nunggu tepat satu tahun sejak kamu post yg part 1? hahahahaha

        my pleasure!

      • okay hello kak gee~

        aku abis uts, jadwalnya emang sama kaya anak sma yang UN kayanya ;-; aku udah ngelewatin UN taun lalu lol, penderitaan batin banget tiap hari deg-degan nunggu hasil ;-;

        loh aku gak tau malah, part 1 nya di post kapan…. mungkin ya, nunggu Baekhyun ulang tahun hehehe

      • oh uts ya ampun! aku kira UN.. sama sih aku juga 2 minggu kemaren abis uts hahaha tapi yah gini ngambil jurusan yg banyak praktek tuh teori jadi sedikit di anggep gak penting ._.

        don’t hold any longer to post it pleasee >,<

      • ih di fakultas aku juga praktek mulu hehe, jadi masuk teori pada bingung mau ngapain ;-; kak gee kuliah kan?

        okay no, i wont, please wait a little longer ❤

      • ah sama bangetlah.. jangankan mahasiswa, dosennya juga kadang ngasi soal ujian ga niat ._. yg penting praktek ujian hanya karna peraturan kampus (loh ini curhat gee namanya)

        iyak aku kuliah, udah tahun ke dua. kamu tahun pertama? ngambil fakultas apa Liv? hm let me guess, yg berbau seni atau sastra bukan? hehehe

        i’m waiting ~

      • ah dosen mah emang ngeselin, bisa seenaknya tapi kita mahasiswa harus nurut sama dia T-T /ikut curhat/ hehe iya aku tahun pertama, di desain sih… kak gee dimana?

  2. Waaaaaaa pagi-pagi udah baca ini fufufufuuu Karena aku hanya sebuah lukisan gantung.

    Oh okay, itu nyesek but beautiful. Hueee ;;___;;
    oke sekian komen dari aku, ini ficnya…..eummm…cantik hehehe 🙂

    • kepotong…
      Waaaaaaa pagi-pagi udah baca ini fufufufuuu Karena aku hanya sebuah lukisan gantung.

      Oh okay, itu nyesek but beautiful. Hueee ;;___;;
      oke sekian komen dari aku, ini ficnya…..eummm…cantik hehehe 🙂

      • soalnya luhan cantik banget, kadang suka ngerasa dia gak nyata gitu ;-; kaya patung atau lukisan…

        well your comments are pretty too, thank youuu! ❤

  3. aaaaaaaaa my dear lulu ;;==;; aku gak bisa nebak loh kalau dia bukan orang. endingnya ngetwist amat ;=;
    nice drabble kak, lopyu ♥

  4. Haloooo aku readers baru yg dating ke sini krn kak dira ngerekomendasiin ff ini ke aku hehe

    First, excited bgt krn castnya hunhan aaaaaa XD
    Dan yah, ketipu banget sama ceritanya serius deh ._.v
    Aku kira bakal jd semacam forbidden love gitu, etapi ternyata…….. bener2 di luar dugaan aku banget!
    Sampe cengo sendiri loh bacanya .___.

    Nice! Bahasanya simple dan rapi, enak banget buat dibaca 😀
    Like this ^^

    • wah dira sering banget bawa temennya kesini ya, astaga makasih ;-;

      haha, aku cari tema yang kira-kira bisa masuk kedalem cerita drabble yang kurang dari 1000 kata, jadinya gitu deh xD glad you like it!

      thanks ya~

  5. Authorniim, tadi komentarnya kepotong :’3 ini deh full versionnya hehe /pletak/

    Awalnya aku kira Luhan itu berwujud nyata, orang biasa. Eh ternyata aigoo akhirnya nyelek. “Karena aku hanya sebuah lukisan gantung.”

    Beneran deh gabisa ngomong apa-apa lagi /tapi ini ngomong/ /prets/ Dalem banget terakhirnya… Kisah cinta yang tak tersampaikan. Bener deh suwer lope banget sama plot kayak gini ;;; Plus cover yang kece abis. Ke to the ren!

    Keep writing, thor! ;D

    • loh kok banyak yang kepotong ya, apa karena wordpressnya? 😮

      bagus deh hehe aku emang niat ngetwist endingnya, semoga gak berkesan maksa ;-;

      lol kamu kocak (?) makasih lagi ya! see you!

  6. luhan = lukisan gantung, mwoya????
    aduuuhhh emang udah nyangka sih kalo bukan mahluk hidup, tp kenapa lukisan gantung #plak hahahha
    tp ok qo ok… pas sehun ngomong “dia milikku….” widih sok iya bgt hahahha.
    tp em… boleh kah saya sedikit protes, pliiiis jgn kasih embel” xi di depan nama luhan, namanya luhan itu luhan tok(?)… bkan berrti sehun manggil luhan xiaolu terus nama luhan jadi xi luhan, maaf ya kalo lancang 😦

    • iya lukisan gantung ;-; tadinya mau patung atau hiasan dinding, tapi gak jadi…

      ah iya, makasih udah merhatiin bagian itu >_< gapapa kok, aku jadi kebiasaan manggil dia xi soalnya yang lain kaya gitu juga… lain kali bakal luhan aja, hehe makasih ya!

  7. Itu itu itu /sobs/
    sempet ganyangka banget itu endingnya, aku ketipu. pas liat tulisan ‘Karena aku hanya sebuah lukisan gantung.’ itu rasanya……. kretek sekali<//3 aku kira dia arwah. eh ternyata, dia lukisan;-; AAA INI DAEBAK SEKALI KAK-LIV;-; covernya juga kece;-; cinta sama kak-liv. saranghamnida kak<3 /angkat banner/

    oiya, btw itu northpolenya selalu kutunggu loh :3 cepetan apdet yak :3 lafyaaaa<3

    • ini ini ini /wipes your tears/ ;-;

      hehe orang pasti udah ngira yang bukan-bukan, tadinya mau aku bikin jadi boneka tapi gak jadi. lukisan kayanya lebih manusiawi~ awww makasih, nado saranghamnida sal ❤

      yap, ditunggu aja, gak lama lagi (?)

  8. Luhan hanya sebuah lukisan gantung?? Ckckck…
    Pdhl q sdh mkr2 yg mcm2 am nih couple…
    Kkkkkk…
    Tp bgslah kl luhan cm figura… /sujudsyukur/
    Kl nggk bkl ad cinta terlarang..
    Pantes aj sehun cm bilang tgl ultah ya luhan krna mngkn dy dpt lukisan luhan tgl segitu…
    Awet muda sepanjang mada 2h luhan…

    So, its special my smart boy luhan…
    Ehm, bgs ffny..
    Pasti menipu reader kamu..
    Ok, d’tgg karya yg lain..
    Fighthing… 😉

    • mungkin asumsi pembaca itu, mereka kakak adik atau saudara, atau luhan itu temen khayalan sehun dsb. bagus deh kalau belum ada yang bisa nebak endingnya, biar surprise gitu xD

      itu tanggal lukisannya dibeli terus dipajang dirumah, ceritanya… maaf aku menipu lol, thanks!

  9. aduuhh ini kok keren sih kok kerenn uu
    ganyangka ya kalo luhan ternyata lukisan, heran juga akunya kenapa gak nerka dari posternya dulu coba hehe ini surely keren bebangetan ah kak liv (hehe biar lebih akrab) jarang bangetnget baca hunhan, tapi sekalinya baca kok…. ;__; aduuh aku jadi jatuh cinta sama mereka kan, tanggung jawab kakak mah ;_; /heh/
    eh, ada jongin nyempil ditengah, jongin mah ya, langsung tersepona (?) gitu sama luhan, hihi aku juga ihik :3

    hehe pokoknya ini keren lah, gatau lagi mau nulis apalagi, btw, your north pole kakakk, aku menungguu, hehe hwaiting yaa ‘-‘)/

    • aww kamu juga keren dek (namanya siapa?) ;-; itu udah aku kasih hintnya di poster padahal, ada frame gitu hehe. aku juga jarang baca hunhan sebenernya, tapi seneng bikin ceritanya ❤ yah tanggung jawab kumaha atuh, aku juga jadi suka hunhan uwee ;-;

      okay, north pole sebentar lagi. makasih ya~

  10. awalnya : poker face ala sehun
    pertengahan : senyum2 gaje ala chanyeol
    ending : o_o

    mwooo??? aigooo~ bener2 nggak kepikiran! awalnya aku pikir Luhan manusia yg bisu.. trus lama2 mikir… Lulu itu puppy *pletak* habisnya pernah baca FF dg tema yg sama.. dimana POV-nya tuh ternyata POV hewan gitu .__.
    eh ternyata……………. ah sudahlah
    beneran shock sama endingnya… nggak tertebak dan itu daebaakk!!!

    • kalau pov hewan aku sering liat, kucing atau laba-laba atau yang begituan deh, jadinya gak aku pake supaya gak mainstream (?) tiap liat muka luhan serasa liat lukisan, bagus banget soalnya. udah gitu dia cantik. ah udah deh……..

      semoga shock dalam artian bagus xD oke makasih ya!

      • iya kak, shock dalam artian sangat bagus, yaitu jantungan *eh

        tapi…..sehun ngapaen coba bicara gitu ma luhan?? terlalu terpukau ama kecantikannya? jadi penasaran… siapa yg ngebuat luhan? kenapa dikasih ama luhan? kok bisa sehun kayaknya segitu sayangnya ama luhan yg notabene lukisan?

        sequel kaaaaakk~ *pletak

      • gak sampe jantungan juga…. serem (?)

        uwah itu terlalu detail, biarlah latar belakang lukisannya jadi misteri. sekarang cukup segini ;-; kalau instan begini males bikin sequel.. /lah/

  11. “Karena aku hanya sebuah lukisan gantung.”

    oke, author, kamu sukses buat aku shock. tadinya aku kira luhan itu saudaranya sehun yang bisu gitu, gataunya cuma lukisan… elah -_- demi apa deh author, otak kamu itu dari apa sih, habisnya ide2 kamu keren2 banget author, aku kaguuuumm ><

    daebak as usual, thor. keep writing yoooo ❤

    • kalau luhannya benda hidup kasian dong dari awal gak ada yang ngajak bicara </3 otak aku sama kaya kalian kok, jangan gitu ah (?) tapi makasih ;-;

      will keep writing! thanks yoo~

  12. daebak thor daebak!!! (two thumbs)
    saya ketipu, asli ketipu… aaa author keren bgt mengelabui(?) readersnya lol kkkk~
    awalnya saya pikir Luhan itu semacan hewan peliharaannya Sehun ._. kemudian saya curiga lagi waktu Jongin main ke rmh Sehun dan Jongin cuma ngeliatin aja trus Sehun bilang dia milikku nah itu saya baru berpikir jika Luhan ini suatu benda, tapi ngga tau apa ._.? lol
    dan ternyata “Karena aku hanya sebuah lukisan gantung”
    well, asli saya belum nemu ff yang begini.
    hehee itu aja review dr saya. Keep writing and fighting. Ditunggu North Polenya ‘-‘)b kkk~

    • hoho baguslah ketipu 8) tujuan utama aku bikin ff ini emang mau nyobain plot twist, apa berhasil atau enggak, ternyata berhasil lol xD
      kalau binatang peliharaan udah ada, aku pernah nemu ff berkonsep itu… kalau benda mungkin dikit, tapi pembaca belum tentu bisa nebak benda apa~

      oke, semangat nunggu northpole ya! thank you as always!

      • hahaa kak liv sukses mengelabuhi reader xD
        iya, sering malah dari kucing sampe binatang yang gede(?) sekalipun lol. Benda jarang kak, malahan ngga pernah nemu saya ._. baru kali ini. Pokoknya ff yg ini sukses menipu saya lol wkwk xD

        Sip kak~ anytime xD

  13. waduh, aku kira luhan crossgender jd yeoja, eh ternyata luhan hanyalah sebuah lukisan … eh, eonni typo ya ?? luhan kan ultah tgl 20 april !! tapi gapapa lah, yg penting DAEBAK !! mengelabui bgt itu … kapan nih TaoHun ?? pengen liat idenya liv eon jika 2 crybaby ini di couple-in .. >< xoxo

    • hehe biar ga ketebak jadinya lukisan aja xD yaampun iya typo aku baru sadar…. soalnya aku ketik cerita ini tanggal 19 sih hehe, makasih ya koreksinya ^-^

      ah moment taohun lagi banyak nih kebetulan! aku emang ada rencana mau nulis taohun ouo

      thanks for dropping your comment!

  14. ‘karna aku hanya sebuah lukisan gan—-‘
    ngeeeek langsung rasanya nyezek sekali. merinding deh sampe kaki>< serius!
    nice banget kak.. sukaaaaa^^

    • loh sampe merinding o_o horor amat ehehehe. buat yang biasnya luhan, aku minta maaf dianya jadi benda mati disini T-T semoga kalian oke oke aja(?)
      makasih ya ❤

  15. “Karena aku hanya sebuah lukisan gantung…”
    /speechless/ /emotcengo/
    dan gatau kenapa gue brb scroll keatas -_-

    sebenernya sih gregetan banget ama authornya, ini nipu sekalih ><
    dan as always, pendek tapi ngena!

    Tapi setelah gue renungkan, jadi luhan tau semua yg dilakuin sehun padahal dia cuma lukisan, berarti kan itu lukisan semacem ada rohnya…mendadak parno -_____-

    • sudut pandang kamu unik banget, semua ff disini jadi tulisan horor xD waktu yang sehun liat kaca parno, yang ini juga parno… gapapa deh, ini bikin aku jadi punya kesan lain sama alur ceritanya~ makasih ya!

  16. Annyeong !!!
    Maaf cuma mampir.

    Baru pertama kali baca ff yang kayak beginian, bener deh ! yang jelas muka ane udah kaya emotnya kyungsoo dah, like this => O_O.
    Luhan hanya lukisan gantung ? oh oh oh *cengo. padahal ane kira si luhan itu kakak tirinya(?) sehun yang bisu, bener deh ! makanya dia suka sama si sehun eh taunya pas ending, jgllleerrr oh oh oh jleb author….

    Yasudahlah, Keep writing and fighting !!!
    Annyeong !!

  17. Padahal udah angguk2 setuju sama kata2 narsis Luhan. Udah asyik aja liat skinshipnya sama Sehun-yg-romantis eh taunya cuma lukisan -_- Udah 2x aku ketipu baca ficmu u,u

  18. …JLEB/ea/ kirain tuh luhan sodaranya sehun.bahkan sempet berfikiran luhan itu pembantunya sehun*MAAFIN-_,- dan……NGEK.salah.padahal luhan udah narsis narsis.wkwkwk udah skinship segala…yaudah.pendek tapi bagus banget.hahayy

  19. OALAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHH~ LUHAN KITA LUKISAN TOOOOHH~ /gegulingan/ aku ketipu,ketipu,ketipu ah semuanya pasti ketipu..

    Awalnya aku kira luhan anak panti yg barengan ama sehun trus lumpuh kali /pikiranmacamapaini?/ eh tp pas ada kata ‘rumah’ yg jongin dateng ituh, aku ragu dan bertanya2 /bahasanye/ argh! ternyata lukisan hohohoho pngen ketawa tp meringis juga akunya apa lukisan itu bernyawa krn bisa jatuh cinta ah biarkan ilalang yg menjawab..

    Yupz, i love your story , aku suka khas aura/?/ tulisan kamu haha mungkin kamu bosen denger ini tp aku ga bosen ngomongnya, serius ini loh.. A.K.U.S.U.K.A. semangat yah, okey papay~

  20. Eonni aku ga sengaja nemu FFmu disini, eonni yang waktu itu beberapa FFnya ada di salah satu Wp Fanfic EXO’kan? ;u;

    1 kata aja, aku ketipu sama ini Fanfic -_-

  21. annyeong, saya reader baru! ^^
    aigoo, waktu pertama kali baca ‘Luhan sangat cantik’ yang terlintas di benak saya adalah : Luhan seseorang yang cantik seperti yang sering saya baca.
    tapi past ending : OMG ternyata Luhan itu lukisan! \blank\ O.O
    but yeah! ffnya tetap ngena ke hati! ffnya juga berbeda dari yang lain! great!
    keep fighting thor! ^^

  22. Wow wow wow!! KEREN KEREN!! Udah berkali-kali aku baca ff ini tapi rasanya tuh ga pernah bosen >w< great! Ga nyangka banget akhirnya, dikira mah luhan -maaf- bisu atau apa gitu karena ga mau ngomong dan -oh ternyata! Dia cuma sebuah.. /begitulah~

    Asli, ga nyangka! Kak liv, keren deh kalo bikin ff. Ditunggu ff lainnya ya, fighting '-')9 🙂

  23. Udah senyum-senyum gaje bagian endingnya langsung cengo akunya -_- *iniakucengobeneranlohThor

    Authornya hebat! Udah ketipu dua kali aku sama ff kaya gini -_- yang satunya di fanfiction.net ff ChenMin endingnya ternyata Chen boneka kucing -_-

    Pokoknya daebaklah FF nya! Izin baca FF Author yang lain^_^

  24. Ini dipublish tahun berapa ya? XD begonya baru baca XD maaf Kakak. Aku juga gak pernah komen untuk FF lain. Wk. Ohya, Kak, aku ngefan boleh kan ya?? Tadi kupikir ini jalurnya Luhan udah mati or samting laik dat lah/? Eh ternyata? Lukisan? LUKISAN? Kau menipuku, Kak! :”

    Kak, gak mau panjang-panjang gapapa kan ya? Maaf ya baru baca + komen doang.

Tinggalkan komentar